Band Camp MBUGM

Apa yang menjadi ciri khas dari Marching Band UGM? Ya, nama latihan yang bermacam-macam, mulai dari Latihan Reguler (Latreg), Latihan Terpadu (LT) dan Training Centre (TC). Selain dari ketiga latihan tadi ada salah satu latihan yang jarang dilakukan oleh MBUGM. Apakah itu?

Apa yang menjadi ciri khas dari Marching Band UGM ? Ya, nama latihan yang bermacam-macam, mulai dari Latihan Reguler (Latreg), Latihan Terpadu (LT) dan Training Centre (TC). Selain dari ketiga latihan tadi ada salah satu latihan yang jarang dilakukan oleh MBUGM. Apakah itu ?

Band Camp, latihan ini persis seperti Training Centre. Berciri khaskan para player yang harus menginap dan waktu latihan yang cukup panjang. Beberapa waktu yang lalu pada hari … tanggal… MBUGM mengadakan Band Camp yang masih berada dikawasan UGM yaitu di Gelanggang Mahasiswa dengan menggunakan ruang sidang II dan III sebagai tempat untuk menginap. Band Camp ini persis seperti TC sebelumnya, dilaksanakan pada saat weekend tiba yaitu dimulai pada hari Jum’at hingga Minggu.

Pada dasarnya setiap latihan yang dilakukan MBUGM bertujuan sama yaitu untuk meningkatkan skills para player dalam bermusik. Selain itu MBUGM biasanya mempunyai berbagai macam target dalam latihan baik itu tentang materi musik, basic musik, basic drill ataupun hal yang lainnya. Dalam Band Camp ini para pelatih tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk menargetkan berbagai hal agar kompetensi para player musik matang dan siap untuk bermain di berbagai event nanti.

Pada hari pertama Band Camp dimulai pada sore hari dan dilanjutkan sampai malam hari sedangkan untuk hari kedua dan ketiga waktu latihan dilaksanakan pada pagi hari hingga malam hari kecuali untuk hari Minggu yang berakhir pada sore hari. Salah satu kegitan yang dilakukan di Band Camp disetiap paginya yaitu para player diwajibkan untuk berlari pagi mengelilingi Boulevard. Adapun di sela-sela latihan hari terakhir, para manager Pengurus Harian (PH) biasanya menyelipkan ice breaking yaitu dengan mengadakan permainan untuk para player. Permainan kali ini melibatkan kerjasama kelompok karena mengaharuskan para player untuk bisa menjadi team yang kompak.

Memang tak ada yang tidak menarik dari setiap latihan MBUGM, banyak hal yang baru disetiap latihannya. Berbagai cerita juga didapatkan dari latihan yang cukup panjang . Begitu pula dengan Band Camp kali ini, banyak cerita yang pada akhirnya dapat mengakrabkan keluarga besar MBUGM. Harapan kedepan untuk keluarga MBUGM dengan banyaknya macam-macam latihan ini MBUGM dapat lebih banyak mendapatkan cerita yang tidak akan bisa terlupakan. (LL)

« Marching on ABL - Marching Band UGM dalam GPMB 2015 »