Profil Unit Marching Band Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada yang berdiri di Yogyakarta sejak tanggal 19 Desember 1949 merupakan salah satu universitas tertua dan bersifat nasional serta berperan sebagai pengemban Pancasila dan universitas pembina di Indonesia. Segala bentuk kegiatan yang ada mencerminkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan kemahasiswaan dalam ruang lingkup Universitas Gadjah Mada sampai saat ini menjadi wahana pengembangan diri serta aspirasi bagi mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian. Terdapat berbagai macam bentuk organisasi kemahasiswaan yang ada yaitu Badan Kelengkapan Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (Kongres Mahasiswa, Senat Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan) serta Unit Kegiatan Mahasiswa.

Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Gadjah Mada terdapat kurang lebih sebanyak 50 unit yang terbagi ke dalam 4 klaster yaitu klaster khusus, klaster rohani, klaster olahraga, dan klaster seni. Seluruh unit memiliki tugas dan fungsi pokok yang sama yaitu merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di tingkat universitas dalam bidang-bidang yang bersifat penalaran dan keilmuan, minat dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa, maupun pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Marching Band Universitas Gadjah Mada menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa pilihan di Universitas Gadjah Mada yang tergabung dalam klaster seni. Unit ini telah berdiri sejak 11 Maret 1979 di Yogyakarta atau kurang lebih sudah hampir 34 tahun mendampingi almamater Universitas Gadjah Mada dalam perhelatan di bidang seni dan musik baik dalam ruang lingkup internal universitas maupun eksternal serta berpartisipasi aktif dalam berbagai ajang kompetisi dan pagelaran di tingkat lokal maupun nasional.

Seperti kutipan di atas, Marching Band UGM merupakan wadah bagi mahasiswa UGM untuk berkreasi, beraspirasi, dan berprestasi yang mengarah kepada pengembangan kepribadian mahasiswa dan terus berusaha dalam pengembangan makna kehidupan. Karena juga tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan akademis belum sepenuhnya bisa menawarkan dan menyajikan pendidikan yang sifatnya lebih praktis dan lebih aplikatif yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sejak tahun 1979 Marching Band UGM lahir, telah bangun dan berdiri dengan tujuan untuk ikut aktif melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta mempererat kekeluargaan dan membina rasa cinta almamater. Hal tersebut terbukti dengan telah berkiprah, berkembang, danturut memajukan dunia marching band baikdi Yogyakarta sendiri bahkan Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan oleh unit Marching Band UGM tentunya tidak terlepas dari usaha untuk menciptakan, menumbuhkan dan mengembangkan rasa kekeluargaan dan membina rasa cinta almamater itu sendiri. Hal tersebut diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengarah kepada pembangunan dan pengembangan karakter yang berdisiplin tinggi, bertanggung jawab, dan memiliki kebanggaan terhadap apa yang diyakininya.

Dalam keorganisasiannya, Marching Band UGM mempunyai visi dengan landasan semangat kekeluargaan dan gotong royong. Marching Band Universitas Gadjah Mada merupakan unit kegiatan mahasiswa yang terbaik dalam mewakili citra Universitas Gadjah Mada, kebanggaan masyarakat Yogyakarta, dan sebagai kiblat organisasi Marching Band di Indonesia. Sedangkan misi yang dirumuskan oleh unit ini adalah:

  • Menumbuhkembangkan kebanggaan korps Marching Band Universitas Gadjah Mada
  • Menjadi duta terbaik Universitas Gadjah Mada dan masyarakat Yogyakarta
  • Mempersiapkan para anggotanya menjadi manusia dewasa, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota Marching Band Universitas Gadjah Mada
  • Memberi wadah dan lingkungan yang kondusif bagi berkembangnya setiap minat, bakat, dan potensi anggota Marching Band Universitas Gadjah Mada menuju puncak prestasi, baik dalam kualitas permainan, keorganisasian, maupun interaksi dengan lingkungannya

Selain terus aktif dalam ajang-ajang kompetisi, Marching Band UGM juga aktif dalam ajang-ajang non-kompetisi baik yang bertaraf lokal, nasional, ataupun internasional. Beberapa di antaranya adalah parade senja di Istana Negara Republik Indonesia, Jakarta, parade senja di Gedung Agung, Yogyakarta, parade pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta, peringatan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta, Harley Davidson Day se-Asia Pasifik, Lifting Up The World with Oneness Heart bersama Sri Chinmoy, Upacara Pembukaan Raimuna, Jogja Fashion Week, Jogja International Street Festival, dan masih banyak lagi baik yang bernuansa sosial budaya maupun komersial. Marching band UGM juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan latihan bersama antarunit marching band baik di tingkat lokal maupun internasional seperti Latber Garuda dan Jogja Marching Day (JMD).

Keaktifan Marching Band UGM di luar kampus tak membuatnya lupa untuk selalu berpartisipasi di kandang sendiri seperti dalam acara dies natalis UGM, upacara korsik 17 Agustus, upacara penerimaan mahasiswa baru UGM, serta sempat mengadakan event kompetisi drum band dan/atau marching band di tingkat lokal seperti Gadjah Mada Marching Competition (GMMC).

« Penerimaan Anggota Baru Marching Band Universitas Gadjah Mada 2017 - Prestasi Marching Band Universitas Gadjah Mada Lima Tahun Terakhir »