Sejarah Marching Band Universitas Gadjah Mada

Marching Band Universitas Gadjah Mada (MB UGM) lahir pada tanggal 11 Maret 1979. Pada saat itu mulai dilakukan penataan pada bidang organisasinya. Awalnya MB UGM bernama Drum Band Universitas Gadjah Mada, diketuai oleh Subandrio dan dibina oleh Ir. Arya Ronald. Sebagai sebuah drum band, MB UGM pada waktu itu memiliki peralatan yang cukup dan personil yang banyak.

Pada kurun waktu berikutnya, terjadi dua kali pergantian pembina yaitu dari Ir. Arya Ronald kepada Drs. Waskito Utomo kemudian dilanjutkan dengan pergantian kepada Isharyanto, S.H pada tahun 1982. Dalam masa inilah muncul suatu prestasi yang cukup mengejutkan ketika mengikuti Grand Prix Marching Band (GPMB) I di Jakarta pada tahun 1982. Selanjutnya Drum Band UGM menamai dirinya sebagai Marching Band Universitas Gadjah Mada (MB UGM). Perubahan ini membawa konsekuensi: memadukan unsur baris-berbaris dan seni musik, di mana unsur brass (alat musik tiup) menjadi semakin dominan.

Pada pertengahan tahun 1983 terjadi pergantian pengurus seiring dengan peralihan tugas dari pembina lama kepada drg. Haryono Mangunkusumo. Pada masa inilah MB UGM mengalami banyak kemudahan dan kemajuan. Disiplin organisasi, latihan, maupun kemampuan personilnya terus ditingkatkan. Kemudian lahirlah Dewan Pelatihan (kini disebut sebagai Dewan Pembimbing) yang terdiri dari anggota senior dan alumni MB UGM. Potensi dan kreativitas anggota terus digali dengan membentuk mini orchestra maupun brass band yang aktif mengisi berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus.

Wadah Berkreasi

Bagi para anggotanya, MB UGM merupakan wadah untuk berkreasi, beraspirasi, dan berprestasi yang mengarah kepada perkembangan kepribadian mereka. Ini terasa logis, sebab pendidikan akademis belum sepenuhnya bisa menawarkan dan menyajikan pendidikan yang sifatnya lebih praktis dan lebih aplikatif yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sejak berdirinya, MB UGM telah aktif mempererat kekeluargaan dan membina rasa cinta almamater. MB UGM juga telah memajukan dunia marching band baik di Yogyakarta ataupun Indonesia. Kiprah itu bisa dilihat melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengarah pada pembangunan dan pengembangan karakter yang berdisiplin tinggi, bertanggung jawab, dan memiliki kebanggaan terhadap apa yang diyakininya. Semua kegiatan dilaksanakan dengan menjunjung nilai-nilai kehormatan almamater dan unit, kedisiplinan, kerja sama, kreativitas, dan senioritas, untuk menjadi yang terbaik.

(Dikutip dari Datuk Doddy Samsura dengan penyuntingan seperlunya)

- Pengurus Harian Marching Band Universitas Gadjah Mada Periode 2016-2017 »